Sunday 10 January 2010

Upin & Ipin v. Si Unyil

Sekarang gw lagi nonton Upin & Ipin dia TPI. Serial yang baru kali ini gw tonton, di saluran yang hampir ga pernah gw tonton. Bukan alasan kenapa gw ga pernah nonton Upin Ipin (UI) atau kenapa gw jarang nonton TPI yang mau dibahas di sini, tapi fenomena soal si UI ini.
Banyak temen-temen gw yang sering ngomongin soal serial ini. Ada yang ngatain, tapi ga sedikit juga yang memuji. Kenapa diejek? Don't know, sentimen pribadi mungkin. Pujian yang ada juga bukan pujian yang sembarangan. Bahkan menurut gw, pujian yang mereka tujukan ke serial itu adalah bentuk kecemburuan atau rasa iri terhadap serial ini. Dan mungkin cemburu terhadap Malaysia itu sendiri.

Gw emang baru pertama kali nonton serial ini. Tapi dari omongan yang temen-temen gw omongin dan sekarang gw nonton sendiri, gw bisa nangkep kenapa serial ini banyak dipuji. Kualitas gambarnya emang bukan kualitas nomor satu, tapi pesan moral, penyampaian ide yang sederhana, percakapan sehari-hari mereka, pemberian edukasi di dalamnya, dan toleransi bersuku dalam serial ini patut diacungi jempol. Belom lagi unsur religiusitasnya yang kental.
Menurut gw, justru kesederhanaan serial ini yang jadi daya tarik utamanya. Gw jauh lebih terpikat sama serial "musuh sebelah" kita dibandingin sama sinetron-sinetron buatan anak bangsa yang begitu-begitu aja & ga ada pesan moralnya sama sekali. Bahkan cenderung destruktif.

Kalo dipikir lagi, dulu kita juga punya serial yang mirip sama si UI ini. Namanya Si Unyil, beserta temen-temennya kayak Pak Raden, pak Ogah dan lain-lain. Tapi sekarang serial itu ke mana rimbanya ga ada yang tau. Kemunculan si Unyil cuma bisa kita liat di salah satu stasiun tv swasta yang nampilin petualangannya tanpa ekspos terhadap cerita si unyilnya secara langsung. Salah siapa dong kalo gitu? Salah produsernya? Salah aktornya? Salah pupeteernya? Salah pemerintah? Salah siapa?
Apa mungkin ini salah anak-anak jaman sekarang yang lebih suka main games di PS, PSP atau apapun itu lah namanya. Atau mereka lebih senang berkomunikasi lewat dunia maya kayak Facebook, twitter, friendster dan lainnya?

Tontonan yang bersifat edukatif plus menghibur ini yang udah jarang ada di tv nasional. Kalopun ada, paling di siaran tv berlangganan yang ga semua orang bisa bayar. Susah kan? Untuk dapet hiburan layaknya anak-anak biasa aja susahnya minta ampun. Anak-anak jaman sekarang lebih terkspos sama hiburan (tv, lagu dll) yang sebenernya tersegmentasi untuk orang dewasa atau remaja. Mereka seakan-akan dipaksa untuk tua sebelum umurnya. Bener-bener ga sehat. Masa sepupu gw yang umurnya (dulu) 4 taun ngomong gini ke gw "gw bunuh lo!!!". Sakit. Dapet dari mana dia kalo bukan dari sinetron?
Makanya gw sebenernya merindukan keadaan jaman dulu waktu tontotnan untuk anak-anak masih berlimpah. Tiap sora pasti ada kartun atau Ksatria Baja Hitam atau apalah namanya. Lagu-lagu anak-anak masih banyak beredar (bandingin jumlah lagu anak-anak sama kemunculan band-band baru sekarang).
Fenomena Upin Ipin ini semoga bisa nyadarin masyarakat Indonesia akan pentingnya tontonan menghibur yang edukatif, sederhana, tapi penuh dengan pesan moral yang baik. Jangan cuma karena logat melayu yang ada si serial itu yang aneh (karena jarang kita denger) trus kita kata-katain. Seharusnya nih ya, kalo kita mau ngaca, kita udah jauh banget ketinggalan sama Malaysia. Jauh. Ga usah pake justifikasi apapun lah. Karena di saat kita ngomongin mereka, kita menghujat mereka, mereka malah bertindak dengan memajukan diri mereka sendiri. Kan bego kalo gitu.
Menuntut pemerintah untuk melakukan perubahan pun bukan hal yang bagus, meskipun ga ada salahnya. Tapi menurut gw akan lebih bagus kalo kita lakuin aja sendiri apa yang kita mampu untuk majuin bangsa kita. Don't think too big, just act as your capcity is. Perbuatan sekecil apapun akan kerasa manfaatnya kalo kita tulus dan serius dalam mengerjakannya.
So, STOP MENUNTUT, MARI BERKARYA!!!

4 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. astaghfirullahhalazim
    jangan membuat fitnah dong..
    pokoknya upin ipin originalitas nya
    dari fresh graduate Malaysia.
    jangan menerima berita tanpa dikaji
    tentu sekali cerita ini direka oleh
    golongan-golongan yang iri sama Malaysia
    tidak ada gunanya malahan dosa aja dapatnya

    ReplyDelete
  3. Sepakaaatt...!!!
    Terlepas dr seteru dgn negara tetangga itu, lbh baik kita lbh wise dan objektif dlm menilai.. Mengakui kelebihan pihak lain sekalipun mungkin prnh berseteru dgn kita juga ga ada salahnya..
    Sekalian buat ajang belajar..

    Eh, btw, tu komennya Marrylane knp diremove? Ngmong apa dia? Jd pgn tau.. :D

    ReplyDelete
  4. saya baru mau bilang kalo yang bikin Upin Ipin itu pernah jadi mahasiswa ITB,,lalu saya crosscheck lagi. ternyata itu karya Mahasiswa Univ. Multimedia Malaysia yang bekerja di Les' Copaque..
    Sang Pemilik Les' Copaque inilah yang pernah kuliah di ITB..

    terlepas dari itu semua, serial TV ini bener2 keren!

    ReplyDelete