Saturday 9 January 2010

Puasa

diwajibkan bagi orang islam yg beriman buat puasa di bulan ramadhan. Puasa menahan nafsu. Apapun itulah nafsunya. Pertanyaannya, kalo udah ga bulan puasa boleh ga nahan nafsu? Kenapa harus secara spesifik bulan ramadhan aja disuruh nahan nafsu? bulan lain juga emang diwajibkan untuk nahan nafsu, tapi kenapa bulan ramadhan lebih diutamakan?

Udah hampir 20 hari bulan puasa. Afdol kah? Gw rasa ngga. Itu juga ga full 20 hari puasa. Ada hari-hari yg gw ga puasa, jangan tanya kenapa. Nah, kenapa gw bilang ga afdol? Ya karena ternyata gw hanya berpuasa nahan lapar sama haus aja. Mata, mulut, kuping, tangan masih aja ga puasa. Trus gw mikir, ngapain gw masih harus ga makan & minum kalo puasa gw ga afdol. Tapi tetep aja gw ga makan & minum, tanpa alasan yang ga jelas. Kenapa juga gw ga makan & minum padahal gw udah ga 'puasa'?

Kalo dicermatin lagi dasar kenapa kita harus puasa (al-baqarah:183), ada 2 unsur yang harus digaris bawahi menurut gw. Kalimat 'ya ayyuhallazi na'aamanu' dan 'la'allakum tattaquun'. Dulu, gw cuma berpatokan sama kalimat kedua. Gw mikir, "yang penting nanti HASILNYA gw bertakwa". gw pun sempet berpikir kalo ga masalah lo makan, minum, maen mata, maen tangan, cium-ciuman, ga nahan marah dll asal nanti hasilnya gw jadi orang bertakwa. Ya, gw cuma berani mikir doang sih. Tetep aja gw ga makan, ga minum, BERUSAHA jaga mata, tangan, bibir & kelamin *loh, haha.

Itu dulu. Sekarang gw tersadar kalo kata-kata awal ayat ini justru yang paling mengikat. 'wahai orang-orang yang beriman'. Ngiket banget. Kenapa juga harus ngiket? Karena gw berprinsip kalo 'yang penting lo mengimani adanya Tuhan'. Tapi gw pun orang yang konsekuen dengan pilihan gw. Gw udah milih Islam sebagai agama gw. Ya mau ga mau gw juga harus jalanin segala macem ritual yang ada di Islam. Tanpa kecuali.

Hari Selasa kemaren gw makan di siang bolong. Berpatokan pada kata-kata terakhir dari ayat itu & berorientasi pada hasil dan pembelajaran (karena gw orang yang lebih suka belajar dari kesalahan daripada diomongin sama orang lain). Tapi malemnya pas gw recite lagi ayatnya dari awal, gw tersadar. Justru kata-kata awalnya yang sakti buat gw. Gw udah bilang kan, gw berprinsip bahwa yang penting adalah lo mengimani Tuhan lo. Nah buat gw, Tuhan gw adalah Allah, karena gw memilih Islam sebagai agama yang gw anut.

Hasilnya? Ya gw belajar dari kesalahan.

Dan sebagai laki-laki, gw harus konsekuen sama apa yang gw lakukan dan pilih. Kesalahan ga membuat lo jadi pecundang. Pecundang justru adalah orang yang ga bisa mengambil pelajaran dari kesalahan yang dia buat.

No comments:

Post a Comment