Friday 14 January 2011

Rejected

Gue yakin kita semua pernah mengalami sesuatu yang bernama penolakan. Dalam hal apapun lah itu. Bisa jadi masalah kerjaan, bisa jadi masalah akademis, bisa jadi masalah hubungan sama orang. Gue pun pernah beberapa kali mengalami penolakan. Kadang kala, penolakan bisa terjadi karena ketidak cocokan kita sama kerjaan yang mau kita ambil, penilaiannya objektif. Ataupun penolakan yang dilakukan oleh pembimbing skripsi terhadap skripsi yang kita ajuin (ehem). Itupun sebenernya objektif, walaupun ada setitik subjektifitas yang berperan. Tapi apa jadinya kalo penolakan itu bersumber dari penilaian subjektif seseorang terhadap kita? Nah sekarang gue mau ngomongin masalah penolakan jenis ini. Jenis penolakan yang paling sering dirasain sama anak muda kayak gue, penolakan cinta (tssaaaaahhhh).

Penolakan cinta PASTI pernah dirasain sama semua orang. Temen-temen gue yang ganteng dan cantik juga ga lepas dari penolakan tipe ini. Gue, sebagai manusia bertampang pas-pasan, berselera humor yang aneh, sering dibilang ketus, dan tingkat intelejensia yang ga tinggi-tinggi amat sering banget ditolak. Gue ga nyalahin ceweknya, gue pun kalo ngeliat diri gue sendiri juga males. Nah bagian yang paling ngeselin, gue HAMPIR SELALU ditolak sama cewek yang gue bener-bener suka. Ngerti kan lo? Tipe orang yang lo yakin dalam hati kalo lo bakal jaga ini orang gimanapun caranya, orang yang bakal lo sayang gimanapun orangnya, dan orang yang pertama ada dipikiran lo pas lo bangun dan pikiran terakhir yang ada pas lo mau tidur. Ngenes? Pasti.

Harus gue akuin kalo emang ada beberapa orang yang juga sesayang itu sama gue. Tapi ya namanya perasaan, ga bisa dipaksain kan ? Makanya gue juga ngerti banget gimana rasanya menyukai seseorang yang ga punya perasaan yang sama ke gue. Sakit sih, tapi sekali lagi, perasaan ga bisa dipaksain kan ? Cuma emang rasanya sakit setengah mati. Lo udah sebegitu yakinnya sama seseorang, tapi orang itu cuma nganggep kita sebagai : temen (paling umum), kakak/adik (alasan tai), ngga sreg (cari-cari alasan aja), atau yang lebih parah, merasa risih kalo ada kita. Dari semua yang gue tulis, gue pernah rasain semuanya. Dan percaya deh, semuanya ga enak.

Sebagai orang yang lahir di bawah rasi bintang Capricorn, gue orangnya cukup keras kepala. Biasanya, gue selalu berjuang untuk dapetin apa yang gue mau. Puji Tuhan gue hampir selalu dapet apa yang gue mau. Tapi bodohnya, gue hampir selalu ga bisa perjuangin orang yang bener-bener gue suka. Gue hampir selalu menyerah di tengah jalan (sesuatu yang bikin temen-temen gue selalu geregetan). Gue ga tau alasannya, mungkin gue takut untuk berjuang. Mungkin gue takut hati gue sakit. Mungkin gue takut untuk ditolak. Lama-lama, hal ini jadi hal yang gue sesalin. Karena ga ada salahnya juga kan untuk dicoba ? Masalah besarnya, we are dealing with someone else’s feelings here. Bisa jadi orang itu malah kesel kalo kita usaha terus, karena dia udah risih sama kita. Gue selalu ga berani untuk take a chance. Tapi sekali lagi, mungkin gue emang takut sama penolakan.

Ditolak itu sakit. Apalagi kalo penolakannya dilakukan secara ga langsung. Gue tipe orang yang terus terang, ga gue mau segala sesuatu yang berhubungan sama gue juga jelas. Ya kalo lo emang ga mau sama gue, ngomong. Jangan cuma kabur aja entah ke mana. Sepait apapun alasan lo, gue terima. Asal lo ngomong langsung ke gue. Tapi kemudian pasti timbul masalah baru, awkwardness. Ini masalah yang hampir selalu muncul sama dua orang yang lagi pedekate. Kalo ditolak, pasti salah satu pihak (atau malah kedua belah pihak) ada yang ngejauh tanpa alasan yang jelas. Hal ini menurut gue sangat absurd. Emang ga bisa ya kita temenan? Emang ga bisa ya kita biasa-biasa aja ? Walaupun emang awalnya pasti aneh, ga ada salahnya untuk dicoba kan ?

Gue tipe orang yang ga mungkin berjuang untuk sesuatu (atau seseorang) yang menurut gue not worth fighting for. And for this, for You, it is worth fighting for. Gue ga peduli kalo dia prioritas gue, sedangkan gue (mungkin) cuma pilihan buat dia. Gue ga peduli. Yang penting, gue akan selalu ada untuk dia, dan dia tau itu. Tapi balik lagi, kita ga bisa maksa orang lain untuk punya perasaan yang sama sama apa yang kita punya.

Suka setengah mati sama orang yang ga punya perasaan yang sama itu sakit, jendral. Gue ga tau apakah gue bisa ‘mematikan’ perasaan itu lagi, karena terakhir kali gue ngelakuin itu, udah mau mati rasanya. Tapi paling ngga, gue masih tau kalo gue masih punya perasaan.

Pandji pernah tweet “You know its love when everything about her feels right. And everything wrong about her feels normal :)”. Gue ngerti banget rasanya. Mau orang ngomong apapun tentang lo, mau lo ngelakuin apapun, perasaan gue masih sama kok. Okay, it might not be love. But if it isn’t love, then what is it?

1 comment:

  1. "Sebagai seorang Capricorn" eh? *melenceng dari main point tapi gak tahan* :D

    ReplyDelete