Tuesday 4 May 2010

Teman

Semalem, seorang teman baik BBM gue. Dia mempertanyakan soal pertemanan. Karena katanya dia udah ga tau mana temen yang bener-bener tulus, dan mana yang ga tulus. Wajar, karena dia baru 'kehilangan' seseorang yang ngaku ke dia sebagai sahabatnya. Terus terang, gue juga ngerasa gitu. Walaupun blom sampe kehilangan juga sih (alhamdulillah)...

Menarik sih kalo kita mau omongin soal pertemanan, apalagi dari sudut pandang gue. Gue bukan orang yang gampang berteman. Tapi gue dengan cukup mudah bisa merasa deket sama orang. Terlepas dia temen gue atau bukan. Bahkan kadang gue suka nganggep seseorang, atau sekelompok orang, sebagai teman. Walaupun orang itu, atau kelompok itu, ga nganggep gue temen. Yah, ga kayak gue nganggep mereka temen lah paling ngga.

Tapi coba lo tanya ke diri lo sendiri deh, siapa sih temen lo? Atau lebih dalem lagi, kayak apa sih orang yang lo sebut 'temen' itu?

Terus terang buat gue, temen itu orang yang bisa nerima & ngerti gue kayak apa. Bisa DUKUNG gue, untuk hal-hal positif sih pastinya. Bukan orang yang dateng pas dia ada maunya doang, atau mau sama gue kalo keadaannya enak doang. Standar sih sebenernya definisinya, tapi ya emang kayak gitu. Karena sebenernya agak susah dealing sama gue. Gue orangnya keras banget, batu. Malah kadang suka ga peduli sama kata orang lain. Gue suka ngomong seenak udel gue, ga jarang malah kesannya ngatain atau sarkas. Padahal sih sebenernya gue blak-blakan aja orangnya. Face it, I'm a straight forward guy. Gue bukan tipe yang bisa basa basi. Itu sih bullshit doang.

Nah, kalo gue disuruh sebut siapa temen gue, bingung. Karena itu, blom tentu mereka nganggep gue temen mereka. Contoh, orang yang udah paling lama kenal sama gue, Iman Sjafei. Gue udah kenal sama dia dari SD, tapi baru deket banget jaman SMP lah. Dari waktunya, dia SEHARUSNYA jadi temen deket gue. Yah, gue ga nganggep dia temen sih, udah macem saudara aja. Mulai dari hal-hal kecil sampe hal-hal besar juga saling cerita. Tapi ya itu, dia nganggep gue kayak gitu juga apa ga, jujur, gue blom yakin kadang-kadang.

Trus jaman SMP, gue ada genk gitu. Dulu kita deket banget. Lulus SMA, paling cuma tegor-tegoran dikit aja. Soalnya ada yang ke Bogor, ada yang ke Surabaya, ada yang sekolahnya beda walau kotanya sama. Tapi yah itu, sejak SMA hubungan kita udah renggang. Bahkan sekarang, gue cuma punya kontak 1 orang doang. Itupun jarang kontakan karena susah dihubungin.

Masuk SMA, masuk jaman transisi. Karena gue anak pindahan, gue susah masuk ke lingkungan pertemanan yang udah kebentuk dari kelas 1 di sekolah itu. Pas naik ke kelas 2, gue pindah sekolah. Alhasil, paling cuma ada beberapa doang yang bisa gue sebut 'temen' saat SMA. Tapi untungnya, beberapa diantaranya masih ngebina hubungan yang cukup baik sama gue sampe sekarang. Masih jadi tempat curhat, main air soft gun bareng, main PES bareng, jalan bareng.

Kuliah, dulu kita dibagi-bagi ke kelas MPKT. Di situ gue nemuin temen-temen yang luar biasa. Emang sih, orang-orang yang di kelas itu hasilnya keren semua (termasuk gue hehehe...). Ada yang jadi wakil ketua BEM fakultas Plt, Korbid BEM UI, Abang Jakarta, Babe angkatan, ketua departemen BEM, finalis Duta Muda ASEAN, Mahasiswa Berprestasi Utama FHUI *ehem*, dan banyak lagi. Tapi yang paling keren lagi, justru di sini gue nemuin kelompok pertemanan yang paling solid yang masih bertahan sampe sekarang. Panggilan noraknya, KLM. Absen kelas MPKT-nya absennya dari K sampe M soalnya -____-"

Orang-orang di sini, Lidyar, Irza, Aldo, Lanang, Aya, Mita, Kenya, Babeh, Ibnu, adalah orang-orang yang baik banget. Gue blom nemuin 'temen-temen' sesolid ini sampe sekarang. For that, I thank you guys :)

Tapi ya itu tadi, apakah mereka ngerasain hal yang sama kayak gue? Bisa jadi. Bisa juga ngga.

Gue yakin banget temen yang beneran temen bakal tetep ada sampe kita tua. Yang mau jadi panitia kawinan kita, yang mau dateng pas akikah anak-anak kita, yang mau dateng ke acara ulang taun kita sesibuk apapun mereka, dan yang pasti, yang mau dateng pas kita meninggal.

Jadi, saran gue buat temen gue yang BBM semalem, dan buat diri gue sendiri sih, ga usah diambil pusing lah soal ini. Perbanyak aja koneksi, perbanyak 'temen', karena bisa aja temen sejati yang kita harapkan kecantol juga :)


Yours sincerely,
Muhammad Naufal Fileindi

http://naufalfileindi.blogspot.com

No comments:

Post a Comment